Dalam hidup ini tentu kita pernah mendapat ujian, baik ujian untuk mendapat predikat di dunia(seperti ujjian sekolah) ataupun ujian dari ALLAH untuk memperoleh kemuliaan di akhirat. Adapun untuk menghadapi ujian material keduniawian seperti ujian sekolah, kuliah, penerimaan pegawai negeri dan sebagainya sebaiknya berdoalah dengan cara berikut:
1. berdoa dengan khusyuk saat sujud terakhir shalat
2. shalat tahajud
3. mohon doa dari orang tua, karena doa orang tua kepada anaknya makbul(dikabulkan)
4. berdoa sebelum mengerjakan soal ujian
5. berdoa saat ujian, apalagi jika kita sedang kesulitan menemukan jawaban
Tata cara sederhana dalam berdoa antara lain:
1. Agar doa diijabah(dikabulkan) oleh Allah sebaikya kita berdoa sambil menyebut asmaul husna(nama-nama baik Allah), misalnya YA RAHMAN, YA ROHIM dan nama ALLAH yang lainnya.
2. Berdoa sambil mengingat kebaikan atau amal kita, ini disebut tawassul dengan amal, misalnya kita kesulitan menjawab salah satu soal, kita ngat-ingat kebaikan apa yang pernah kita lakukan dengan ikhlas, lalu kita katakan dalam hati YA ALLAH jika kebaikan tersebut hamba lakukan karena mencari keridoanmu tolonglah hamba ya allah agar hamba dapat menjawab soal ini. Cara ini dibolehkan dalam islam silahkan cari sendiri dalilnya.
Barangkali ini tips berdoa yang baik dalam menghadapi ujian dunia(dibuat manusia) seperti ujian sekolah final test dan ujian lainnya, salah khilaf mohon maaf wallahu a’lam bissawab.
Diposting oleh Taufiq

0 komentar: